blog ini menceritakan tentang sejarah dan segala unsur tentang kota subang.

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 06 Desember 2012

Sejarah Sepak Bola ( Persikas ) Kab.Subang


Persikas Subang

























  Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Subang atau sering disingkat menjadi Persikas Subang adalah salah satu tim sepak bola Indonesia yang yang bermarkas di Stadion Persikas Subang di Kabupaten SubangJawa Barat.
   Selama ini Persikas lebih sering bermain di Divisi Dua dan Divisi Tiga. Hal ini terjadi karena kurangnya dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan dan memajukan prestasi Persikas di kancah sepak bola Jawa Barat, sehingga prestasi Persikas tidak mencolok.
Saat ini, Persikas Subang seperti mati suri karena sudah lama tidak mengikuti kompetisi nasional dengan alasan biaya, sehingga Persikas subang hanya mampu mengirimkan tim di tingkat junior untuk diproyeksikan pada tim-tim yang lebih tinggi levelnya, mengingat prestasi para pemain muda Subang yang sangat baik ditingkat junior.
Stadion Persikas adalah kandang dari Persikas Subang, yang memiliki kapasitas 5.000 penonton. Stadion ini terletak di pusat Kota Subang. Stadion ini menjadi stadion pertama yang memiliki nama yang sama dengan tim yang menempatinya.
Hal ini tidak lepas dari sejarah, di mana pada saat itu Persikas dalam masa kejayaanya dikancah sepak bola Jawa Barat. Oleh karena itu, dipergunakan nama Stadion Persikas oleh para pengurus tim sebagai bentuk kecintaan dan apresiasi masyarakat Kabupaten Subang pada tim ini, agar nama Persikas dapat terus terdengar dan tidak terlupa di masa yang akan datang.
Hingga saat ini, Persikas masih menggunakan Stadion Persikas untuk memainkan pertandingan kandangnya. Stadion ini juga sering dipakai sebagai training center beberapa tim lainnya di Jawa Barat, seperti Persib BandungPersikab Kabupaten Bandung, dan Bandung FC dalam masa pemusatan latihan sebelum memulai kompetisi.

Prestasi
  • Senior
    • Juara Piala Djarum Super Jabar tahun 1989
  • Junior
    • Juara 2 U-17 Jawa Barat 1992 - Suratin Cup
    • Juara 3 U-15 Jawa Barat 2008 - Haornas Cup
    • Juara 2 U-15 Jawa Barat 2009 - Haornas Cup
    • Juara 2 U-15 Jawa Barat 2011 - Haornas Cup

Pemain

Pemain Top Subang Sejak bermain pada kompetisi nasional, Persikas Subang telah memiliki sejumlah pemain muda yang berprestasi baik di tim maupun pada tingkat nasional. Mereka di antaranya:

Pendukung

Persikas Subang memiliki kelompok suporter fanatik yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Subang, mengingat catatan historis sebagai klub satu-satunya dan kebanggaan dari masyarakat Kabupaten Subang sehingga setiap Persikas bertanding Stadion selalu dipadati para suporter persikas baik tua, muda, perempuan hingga anak kecil semua menjadi satu. Penggemar Persikas menamakan diri sebagai Super Sub (Suporter Subang Bersatu). Dimana Super Sub dapat menyatuakan seluruh masyarakat Kabupaten Subang menjadi satu tanpa ada perpecahan dalam mendukung tim kesayangannya (Persikas).

Rivalitas

Derby W-IV atau Derby Wilayah IV adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan Rivalitas antara Persipo PurwakartaPersikas SubangPersika KarawangPersikasi Bekasidan Persipasi Bekasi. Nama ini diambil dari sejarah yang menghubungkan empat kota yang pada zaman dulu bersatu.
Secara historis dahulu kala Subang merupakan wilayah dari Karawang, karena pada saat itu Karawang meliputi PurwakartaSubang dan Bekasi. sehingga apabila tim dari masing-masing kota bertemu selalu menimbulkan tensi yang tinggi dalam pertandingannya, karena hubungan historis yang sangat erat baik dari segi kultur maupun budaya.
Pertandingan Derby ini selalu terjadi di level bawah persepakbolaan Indonesia tepatnya di Divisi Dua dan Divisi Tiga, seperti Persikas vs Persipo, Persikas vs Persika dan Persikas vs Persikasi dan Persipasi atau pertandingan yang mempertemukan tim lainnya.
Semua pertandingan yang mempertemukan tim dari Wilayah IV sangat menarik animo penonton untuk datang ke stadion karena pertandingan Derby ini berjalan dengan tensi dan gengsi yang tinggi sehingga pertandingan Derby ini kadang berujung pada keributan pemain, ofisial, dan penonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages