blog ini menceritakan tentang sejarah dan segala unsur tentang kota subang.

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 12 November 2012

Asal Usul Kota Subang

Prasejarah adanya kota subang 

Bukti adanya kelompok masyarakat pada masa prasejarah di wilayah Kabupaten Subang adalah ditemukannya kapak batu di daerah Bojongkeding (Binong), Pagaden, Kalijati dan Dayeuhkolot (Sagalaherang). Temuan benda-benda prasejarah bercorak neolitikum ini menandakan bahwa saat itu di wilayah Kabupaten Subang sekarang sudah ada kelompok masyarakat yang hidup dari sektor pertanian dengan pola sangat sederhana.Selain itu, dalam periode prasejarah juga berkembang pula pola kebudayaan perunggu yang ditandai dengan penemuan situs di Kampung Engkel, Sagalaherang.




  • Hindu 

                 Pada saat berkembangnya corak kebudayaan Hindu, wilayah Kabupaten Subang menjadi bagian dari 3 kerajaan, yakni Tarumanagara, Galuh, dan Pajajaran. Selama berkuasanya 3 kerajaan tersebut, dari wilayah Kabupaten Subang diperkirakan sudah ada kontak-kontek dengan beberapa kerajaan maritim hingga di luar kawasan Nusantara. Peninggalan berupa pecahan-pecahan keramik asal Cina di Patenggeng (Kalijati) membuktikan bahwa selama abad ke-7 hingga abad ke-15 sudah terjalin kontak perdagangan dengan wilayah yang jauh. Sumber lain menyebutkan bahwa pada masa tersebut, wilayah Subang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sunda. Kesaksian Tome’ Pires seorang Portugis yang mengadakan perjalanan keliling Nusantara menyebutkan bahwa saat menelusuri pantai utara Jawa, kawasan sebelah timur Sungai Cimanuk hingga Banten adalah wilayah kerajaan Sunda. 

  • Islam

Masa datangnya pengaruh kebudayaan Islam di wilayah Subang tidak terlepas dari peran seorang tokoh ulama, Wangsa Goparana yang berasal dari Talaga, Majalengka. Sekitar tahun 1530, Wangsa Goparana membuka permukiman baru di Sagalaherang dan menyebarkan agama Islam ke berbagai pelosok Subang. 

  • Kolonialisme

                Pasca runtuhnya kerajaan Pajajaran, wilayah Subang seperti halnya wilayah lain di P. Jawa, menjadi rebutan berbagai kekuatan. Tercatat kerajaan Banten, Mataram, Sumedanglarang, VOC, Inggris, dan Kerajaan Belanda berupaya menanamkan pengaruh di daerah yang cocok untuk dijadikan kawasan perkebunan serta strategis untuk menjangkau Batavia. Pada saat konflik Mataram-VOC, wilayah Kabupaten Subang, terutama di kawasan utara, dijadikan jalur logistik bagi pasukan Sultan Agung yang akan menyerang Batavia. Saat itulah terjadi percampuran budaya antara Jawa dengan Sunda, karena banyak tentara Sultan Agung yang urung kembali ke Mataram dan menetap di wilayah Subang. Tahun 1771, saat berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sumedanglarang, di Subang, tepatnya di Pagaden, Pamanukan, dan Ciasem tercatat seorang bupati yang memerintah secara turun-temurun. Saat pemerintahan Sir Thomas Stamford Raffles (1811-1816) konsesi penguasaan lahan wilayah Subang diberikan kepada swasta Eropa. Tahun 1812 tercatat sebagai awal kepemilikan lahan oleh tuan-tuan tanah yang selanjutnya membentuk perusahaan perkebunan Pamanoekan en Tjiasemlanden (P & T Lands). Penguasaan lahan yang luas ini bertahan sekalipun kekuasaan sudah beralih ke tangan pemerintah Kerajaan Belanda. Lahan yang dikuasai penguasa perkebunan saat itu mencapai 212.900 ha. dengan hak eigendom. Untuk melaksanakan pemerintahan di daerah ini, pemerintah Belanda membentuk distrik-distrik yang membawahi onderdistrik. Saat itu, wilayah Subang berada di bawah pimpinan seorang kontrilor BB (bienenlandsch bestuur) yang berkedudukan di Subang 

  • Nasionalisme

               Tidak banyak catatan sejarah pergerakan pada awal abad ke-20 di Kabupaten Subang. Namun demikian, Setelah Kongres Sarekat Islam di bandung tahun 1916 di Subang berdiri cabang organisasi Sarekat Islam di Desa Pringkasap (Pabuaran) dan di Sukamandi (Ciasem). Selanjutnya, pada tahun 1928 berdiri Paguyuban Pasundan yang diketuai Darmodiharjo (karyawan kantor pos), dengan sekretarisnya Odeng Jayawisastra (karyawan P & T Lands). Tahun 1930, Odeng Jayawisastra dan rekan-rekannya mengadakan pemogokan di percetakan P & T Lands yang mengakibatkan aktivitas percetakan tersebut lumpuh untuk beberapa saat. Akibatnya Odeng Jayawisastra dipecat sebagai karyawan P & T Lands. Selanjutnya Odeng Jayawisastra dan Tohari mendirikan cabang Partai Nasional Indonesia yang berkedudukan di Subang. Sementara itu, Darmodiharjo tahun 1935 mendirikan cabang Nahdlatul Ulama yang diikuti oleh cabang Parindra dan Partindo di Subang. Saat Gabungan Politik Indonesia (GAPI) di Jakarta menuntut Indonesia berparlemen, di Bioskop Sukamandi digelar rapat akbar GAPI Cabang Subang untuk mengenukakan tuntutan serupa dengan GAPI Pusat.

  • Jepang

            Pendaratan tentara angkatan laut Jepang di pantai Eretan Timur tanggal 1 Maret 1942 berlanjut dengan direbutnya pangkalan udara Kalijati. Direbutnya pangkalan ini menjadi catatan tersendiri bagi sejarah pemerintahan Hindia Belanda, karena tak lama kemudian terjadi kapitulasi dari tentara Hindia Belanda kepada tentara Jepang. Dengan demikian, Hindia Belanda di Nusantara serta merta jatuh ke tangan tentara pendudukan Jepang. Para pejuang pada masa pendudukan Belanda melanjutkan perjuangan melalui gerakan bawah tanah. Pada masa pendudukan Jepang ini Sukandi (guru Landschbouw), R. Kartawiguna, dan Sasmita ditangkap dan dibunuh tentara Jepang. 

  • Merdeka

            Proklamasi Kemerdekaan RI di Jakarta berimbas pada didirikannya berbagai badan perjuangan di Subang, antara lain Badan Keamanan Rakyat (BKR), API, Pesindo, Lasykar Uruh, dan lain-lain, banyak di antara anggota badan perjuangan ini yang kemudian menjadi anggota TNI. Saat tentara KNIL kembali menduduki Bandung, para pejuang di Subang menghadapinya melalui dua front, yakni front selatan (Lembang) dan front barat (Gunung Putri dan Bekasi). Tahun 1946, Karesidenan Jakarta berkedudukan di Subang. Pemilihan wilayah ini tentunya didasarkan atas pertimbangan strategi perjuangan. Residen pertama adalah Sewaka yang kemudian menjadi Gubernur Jawa Barat. Kemudian Kusnaeni menggantikannya. Bulan Desember 1946 diangkat Kosasih Purwanegara, tanpa pencabutan Kusnaeni dari jabatannya. Tak lama kemudian diangkat pula Mukmin sebagai wakil residen. Pada masa gerilya selama Agresi Militer Belanda I, residen tak pernah jauh meninggalkan Subang, sesuai dengan garis komando pusat. Bersama para pejuang, saat itu residen bermukim di daerah Songgom, Surian, dan Cimenteng. Tanggal 26 Oktober 1947 Residen Kosasih Purwanagara meninggalkan Subang dan pejabat Residen Mukmin yang meninggalkan Purwakarta tanggal 6 Februari 1948 tidak pernah mengirim berita ke wilayah perjuangannya. Hal ini mendorong diadakannya rapat pada tanggal 5 April 1948 di Cimanggu, Desa Cimenteng. Di bawah pimpinan Karlan, rapat memutuskan : 1.Wakil Residen Mukmin ditunjuk menjadi Residen yang berkedudukan di daerah gerilya Purwakarta. 2.Wilayah Karawang Timur menjadi Kabupaten Karawang Timur dengan bupati pertamanya Danta Gandawikarma. 3.Wilayah Karawang Barat menjadi Kabupaten Karawang Barat dengan bupati pertamanya Syafei. Wilayah Kabupaten Karawang Timur adalah wilayah Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta sekarang. Saat itu, kedua wilayah tersebut bernama Kabupaten Purwakarta dengan ibukotanya Subang. Penetapan nama Kabupaten Karawang Timur pada tanggal 5 April 1948 dijadikan momentum untuk kelahiran Kabupaten Subang yang kemudian ditetapkan melalui Keputusan DPRD No. : 01/SK/DPRD/1977. kumpulan bupati subang  

  • SEJARAH KOTA SUBANG

   Ada fakta menarik mengenai asal muasal nama Subang. Pada tanggal 1 Januari 1870Kademangan Ciherang dipindah ke desa Wanareja karena P&T yang ada di Pamanukan jugaberpindah. Lokasi pindahnya kantor P&T itu adalah bekas kubangan badak yang telah berdiribedeng-bedeng. Karena orang Belanda tidak bisa mengatakan Kubangan Badak, makaterciptalah kata Subang-an Badak dari para pengusaha Belanda yang oleh para buruh diubahlagi menjadi kampung Subang.Subang adalah kota yang berasal dari perkebunan. Pasca runtuhnya kerajaanPajajaran, wilayah Subang seperti halnya wilayah lain di P. Jawa, menjadi rebutan berbagaikekuatan. Tercatat kerajaan Banten, Mataram, Sumedanglarang, VOC, Inggris, dan KerajaanBelanda berupaya menanamkan pengaruh di daerah yang cocok untuk dijadikan kawasanperkebunan serta strategis untuk menjangkau Batavia. Pada saat konflik Mataram-VOC,wilayah Kabupaten Subang, terutama di kawasan utara, dijadikan jalur logistik bagi pasukanSultan Agung yang akan menyerang Batavia. Saat itulah terjadi percampuran budaya antaraJawa dengan Sunda, karena banyak tentara Sultan Agung yang urung kembali ke Mataramdan menetap di wilayah Subang. Tahun 1771, saat berada di bawah kekuasaan KerajaanSumedanglarang, di Subang, tepatnya di Pagaden, Pamanukan, dan Ciasem tercatat seorangbupati yang memerintah secara turun-temurun. Saat pemerintahan Sir Thomas StamfordRaffles (1811-1816) konsesi penguasaan lahan wilayah Subang diberikan kepada swastaEropa. Tahun 1812 tercatat sebagai awal kepemilikan lahan oleh tuan-tuan tanah,diantaranya Peter Willem Hofland, yang selanjutnya membentuk perusahaan perkebunanPamanoekan en Tjiasemlanden (P & T Lands). Penguasaan lahan yang luas ini bertahansekalipun kekuasaan sudah beralih ke tangan pemerintah Kerajaan Belanda. Lahan yangdikuasai penguasa perkebunan saat itu mencapai 212.900 ha. dengan hak eigendom. Untukmelaksanakan pemerintahan di daerah ini, pemerintah Belanda membentuk distrik-distrikyang membawahi onderdistrik. Saat itu, wilayah Subang berada di bawah pimpinan seorangkontrilor BB (bienenlandsch bestuur) yang berkedudukan di Subang.Di tahun 1886, nama perusahaan perkebunan yang bernama Perkebunan P&T(Pamanukan & Tjiasem) Lands diganti dengan nama NV. Maatschappy Ter Exploitatie derPamanukan en Tjiasem Landen. Kedepannya, tanah perkebunan ini mengalami 3 masa peralihan : tahun 1812-1839 menjadi milik Inggris, tahun 1840-1910 menjadi milik Belandalalu terakhir di tahun 1911-1953 kembali di tangan Inggris. Pada tahun 1953, nama Belandatersebut dirubah menjadi P&T Land N.V. Hasil perkebunan dari perusahaan ini meliputi teh,karet, sisal, singkong (tapioka), kapok, merica, coklat, kina, kopi dan padi.Subang pada tahun 1950 adalah sebuah perkebunan karet yang luas. Pusat dariseluruh kegiatan di Subang berada di perusahaan The Anglo Indonesian Plantation LTD.Tercatat di perusahaan ini sejumlah 46 orang karyawan-nya adalah orang Indonesiasedangkan sisanya adalah 268 orang asing. Ini mengungkapkan bahwa perusahaanperkebunan ini cukup besar. Besarnya jumlah kaum expatriat ini juga memperlihatkanadanya persentuhan sosial, budaya, agama dan lainnya antara kaum pribumi lokal Subangdengan bangsa lain (masyarakat internasional) yang cukup intens pada periode tersebut.

KESENIAN KAB.SUBANG

Genjring Bonyok

   Kesenian genjring Bonyok memiliki corak kehidupan dan perkembangan yang agak berbeda dengan kesenian lain yang tumbuh dan berkembang di Kecamatan Pagaden kabupaten Subang. Kesenian mampu berkembang lebih cepat, mendapat popularitas lebih cepat dan diterima oleh masyarakat sebagai kesenian tradisional miliknya sendiri yang dapat dinikmati. Pengertian Genjring Bonyok asal mula dari Genjring dan Bonyok. Genjring adalah waditra berkulit yang memakai semacam anting-anting terbuat dari besi atau perunggu sebagai penghias seperti rebana. Sedangkan Bonyok adalah nama daerah di desa Pangsor Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Genjring bonyok artinya kesenian Genjring yang awal mulanya berada di daerah Bonyok. Kesenian merupakan salahsatu jenis seni musik tradisional (karawitan) yang alat musiknya terdiri dari Genjring, Bedug, Kecrek, Tarompet dan Goong. Pertumbuhan dan perkembangan kesenian ini tidak lepas dari keadaan lingkungan masyarakat penduduknya. Maksudnya semakin meningkat kehidupan masyarakat, pengalaman estetis masyarakat dan semakin banyak munculnya pemahaman-pemahaman baru tentang Genjring Bonyok akan berpengaruh besar terhadap eksistensi kesenian tersebut. Jauh sebelum Genjring bonyok lahir, di kampung Bunut Desa Pangsor Kecamatan pagaden telah ada kesenian genjring yang dipimpin oleh Sajen. Kesenian merupakan cikal bakal lahirnya Genjring Bonyok. Di awal perkembangannya Genjring Bonyok menggunakan alat musik yang relatif sederhana yaitu tiga buah genjring, tarompet dan bedug. Ketiga genjring tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Perbedaannya hanya tinggi rendahnya bunyi genjring tersebut. Bunyi yang dihasilkan genjring biasanya bunyi pong, pang, ping dan bunyi pak bum. Untuk menghasilkan bunyi pong dengan cara menepak bagian pinggir genjring menggunakan beberapa ujung jari tangan dan menepuknya dilepas. Bunyi pang dihasilkan dengan cara menepuk bagian pinggir genjring (lebih ketengah sedikit dari cara membunyikan pong) menggunakan sebagian telapak tangan dan menepuknya dilepas. Bunyi ping dihasilkan dengan cara menepuk bibir genjring menggunakan beberapa ujung jari tangan menepuknya dirapatkan. Bunyi pak dihasilkan dengan cara menepuk bagian pinggir atau tengah genjring menggunakan telapak tangan penuh, menepuknya agak ditekan.

Kesenian Gembyung

   Gembyung adalah ensambel musik yang terdiri dari beberapa waditra terbang dengan tarompet yang merupakan jenis kesenian bernafaskan Islam. Meskipun demikian, di lapangan ditemukan beberapa kesenian Gembyung yang tidak menggunakan waditra tarompet. Gembyung merupakan jenis kesenian tradisional khas daerah Subang yang sampai sekarang masih terus dimainkan. Gembyung biasa dimainkan untuk hiburan rakyat seperti pesta khitanan dan perkawinan atau acara hiburan lainnya dan juga digunakan untuk upacara adat seperti halnya Ruatan bumi, minta hujan dan mapag dewi sri. Dalam perkembangannya saat ini, gembyung tidak hanya sebagai seni auditif, tapi sudah menjadi seni pertunjukan yang melibatkan unsur seni lain seperti seni tari.

Kesenian Sisingan

   Keseniaan Sisingaan merupakan salah satu kesenian daerah yang sampai sekarang masih berkembang dengan baik di daerah Subang, bahkan kesenian ini sudah terkenal sampai ke manca negara. Kesenian Sisingaan telah dimainkan oleh rakyat Subang pada saat melawan penjajahan dulu sebagai symbol pelecehan terhadap penjajah, yang pada waktu itu adalah negara agraris. Dimana lambang negara itu adalah Singa atau Negara yang ditakuti yang dinaiki oleh seorang anak kecil diatas punggungnya yang melambangkan bahwa rakyat Subang tidak takut melawan penjajahan pada saat itu. Sekarang kesenian sisingaan dimainkan untuk acara-acara khusus seperti penerimaan tamu kehormatan, acara khitanan anak dan sebagainya. Setiap tahunnya diadakan Festival Sisingaan yang diikuti oleh semua Kecamatan yang ada di Subang untuk memeriahkan acara peringatan hari jadi Kabupaten Subang pada tanggal 5 April.






2 komentar:

  1. KARAWANG PUNYA TOKOH KHARISMATIK .. GODFATHER OF INTELLIGENT.. MAS ODING SOETADIPOERA, DIALAH TOKOH DIBALIK BEGUNDAL KARAWANG, DIALAH TOKOH DIBALIK ACHMAD SOEBARJO, DIALAH TOKOH DIBALIK DRAMA SKENARIO PENCULIKAN SUKARNO-HATTA YANG BERTUJUAN AGAR PROKLAMASI DIBACAKAN TANGGAL 17-AGUSTUS-1945,, BANYAK YANG MEMPERTANYAKAN BEKERJA UNTUK SIAPAKAH GOLONGAN MUDA DAN GOLONGAN BAWAH TANAH???? MAS ODING SUTADIPURA NAMANYA HILANG DITELAN MAJUNYA TEKHNOLOGI,, IKHLAS TANPA PAMRIH SEHINGGA NAMANYA TIDAK AKAN PERNAH MENGHIASI LEMBARAN SEJARAH, AGAKNYA SEJARAWAN MELEWATKAN TOKOH KARAWANG YANG SATU INI, MAS ODING SOETADIPOERA ADALAH SATU-SATUNYA TOKOH KARAWANG YANG PALING BERPENGALAMAN BEKERJA SEBAGAI PANGREH PRAJA DI PEMERINTAHAN BELANDA, PERNAH MENJABAT WEDANA MEESTER CORNELIS,WEDANA WELTERVERDEN,ADJUNTHOOFDJAKSA CHIREBON DAN TERAKHIR DI TOKUBETSU SI PEMERINTAHAN MILITER PADA WAKTU ZAMAN JEPANG SEBAGAI WEDANA JAKARTA 1942,, DIALAH PANGREH PRAJA YANG PALING DISEGANI DARI YANG LAIN, DIA PULALAH YANG PALING MENGETAHUI KONDISI BATAVIA PADA ZAMAN ITU... SATU SATUNYA TOKOH KARAWANG YANG TIDAK INGIN JASANYA DIKENANG... WAFAT 1970

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages